Minggu, 11 Januari 2015

Diskusi Adalah

DISKUSI
  Diskusi merupakan kegiatan bertukar pikiran tentang masalah khusus dalam bentuk musyawarah.
  Masalah yang didiskusikan adalah masalah yang menyangkut kepentingan bersama
Diskusi bisa dilakukan secara:
1.diskusi informal
2.
diskusi formal
Diskusi informal bisa dilakukan oleh siapapun dengan orang lain, di tempat manapun, misal antara tukang becak dengan tukang becak di halte, pedagang dengan sopir di sebuah warung, tukang becak dengan tukang jamu di tepi jalan.
  Sedangkan dalam diskusi formal ada beberapa pihak yang terlibat di dalamnya, antara lain:
  1. Moderator (pemandu)
  2. Peserta (audience)
  3. Penyaji/Pembicara
  4. Pengunjung
  5. Sekretaris/Penulis, 
Moderator (pemandu), yaitu orang yang ditugasi mengatur lalu lintas pembicaraan agar pembicaraan berlangsung dengan tertib.
Peserta (audience), yaitu orang-orang yang hadir atau menyaksikan dalam acara  diskusi dan biasanya terlibat aktif dalam memberikan pertanyaan, pendapat, dan saran yang ditujukan kepada penyji/pembicara
Penyaji/Pembicara, yaitu orang yang ditugasi menghantarkan permasalahan atau orang yang memiliki makalah yang akan dibahas dalam diskusi.
Pengunjung, yaitu orang-orang yang hadir karena tertarik atau sengaja diundang untuk menyaksikan acara diskusi yang berlangsung.
Sekretaris/Penulis, yaitu orang yang bertugas mencatat pertanyaan atau usulan yang disampaikan para peserta diskusi sekaligus menulis simpulan diskusi untuk   disampaikan kepada seluruh peserta diskusi pada akhir diskusi.
Beberapa macam diskusi yang umum dilakukan:
Seminar
  Pertemuan para ahli (guru besar, pakar, dsb) untuk membahas suatu masalah untuk mencapai kata sepakat secara bersama.
Simposium (sarasehan)
  Pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat atau saran dari para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu.
Lokakarya
  Pertemuan antara para hali (pakar) untuk membahasa suatu masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya. Lokakarya biasa dikenal dengan diklat atau sanggar kerja; yang membahas suatu karya dalam bidang tertentu.
Kongres (muktamar)
  Kongres atau muktar adalah rangkaian pertemuan para wakil organisasi (politik social, profesi) untuk berdiskusi atau mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
Santiaji
  Santaji adalaah pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan (petunjuk, penjelasan) singkat menjelang pelaksanaan kegiatan.
Konferensi
  Konferensi adalah rapat atau pertemuan berdiskusi atau berunding bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
Panel
  Diskusi panel merupakan diskusi yang dilakukan oleh panelis yang disaksikan atau dihdiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang pemandu/moderator.
Kelompok
  Diskusi ini dilangsungkan dengan melibatkan kelompok-kelompok yang lebih kecil untuk menyelesaikan masalah bersama.
Diskusi akan berjalan lancar jika:
Peserta mengetahui tujuan diskusi
Peserta memahami masalah yang didiskusikan
Peserta menghormati pemandu diskusi
Pemandu diskusi mampu meminpin/mengatur acara diskusi dengan adil.
Akhir dari sebuah diskusi bukanlah siapa yang menang dan siapa yang kalah, jadi dalam diskusi tidak ada yang pemenang juga tidak ada yang kalah, melainkan hasilnya berupa simpulan untuk mengatasi sebuah permasalahan yang didiskusikan. Simpulan dari diskusi merupakan simpulan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar